Home / Kuliner / Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy

Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy

Semangat pagi, sahabat sambutpagi! Pagi ini yang pagi yang cerah bukan? Jadi semakin bersemangat menjalani rutinitas harian yang padat. Nah, sambil menemani kesibukan sahabat, sambutpagi tak lupa akan sajikan kuliner lezat dan praktis yang bisa membuat mom yang sibuk  tetap bisa menghidangkannya untuk keluarga dan orang-orang tercinta. Ini dia Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy yang bisa bikin semua ketagihan.

Kuliner yang berbau kebarat-baratan ini, tentu bukan lagi makanan yang asing bagi sahabat sambutpagi. Kuliner yang memiliki sejarah panjang dan rumit juga tidak menentu ini selalu memberikan inspirasi baru bagi penikmatnya. Meski asal kata “pizza” itu sendiri masih belum begitu jelas, tetapi diperkirakan pizza sendiri pertama kali muncul di Napoli pada abad ke 16. Ketika itu pizza merupakan alat tukang roti, yakni adonan yang digunakan untuk menentukan temperatur oven. Ada juga yang berpendapat bahwa pizza merupakan makanan warga miskin yang dijual di jalanan, bahkan belum dianggap sebagai resep dapur yang terkenal. Makanan ini awalnya hanya dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, garam, minyak, dan ragi.

Kata “pizza” diambil dari bahasa Italia pizza (Alfabet Fonetik Internasional / International Phonetic Alphabet, IPA: [ˈpiːtsə]), biasanya berarti “phai, kue, tart”. Banyak yang salah mengira bahwa pizza berasal dari kata Italia yang berarti phai (pie). Pizza sendiri merupakan roti yang berbentuk bundar dan pipih kemudian dipanggang. Nah di atas roti ini biasanya berisi saus tomat dan keju putih atau keju mozarella, juga berbagai makanan seperti daging dan saos, salami dan peperoni, ham, bacon, buah nanas, zaitun dan sayuran seperti cabe dan paprika, bawang bombay, jamur dll. Selain itu pizza sangat cocok dinikmati selagi masih panas dan hangat untuk hidangan makan malam dan makan siang.

Sahabat tahukah anda? Pizza sebelum abad ke 17 sendiri awalnya hanya menggunakan toping saus putih, hingga kemudian diganti dengan minyak, keju, tomat ataupun ikan. Nah, baru tahun 1843 seorang koki bernama Alexandre Dumas baru memberikan berbagai varian dari isian toping pizza. Ketika itu pada Juni 1889 seorang koki dari Napoli bernama Neapolitan Raffaele Esposito membuat sebuah pizza yang penuh berisi tomat, keju mozarella dan daun basil untuk menghormati Ratu Italia Margerita dari Savoy. Dimana saos tomat menggambarkan warna merah, keju mozarella menggambarkan warna putih dan daun basil menggambarkan warna hijau dari bendera Italia, yakni merah, putih, hijau. Dari sinilah kemudian kita bisa mengenal istilah pizza Margherita, dimana untuk pertama kalinya pizza menggunakan toping keju di atasnya.

Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy

pizza teflon

Sahabat sambutpagi, seperti yang sudah umum kita ketahui, bahwa bentuk pizza itu adalah bulat dan biasanya dipanggang pada sebuah oven. Namun kali ini kita akan buat pizza teflon yang tidak perlu menggunakan oven untuk memanggang. Bahan dasarnya sih masih sama seperti membuat roti ataupun donat pada umumnya. Dengan menggunakan teflon tentu akan lebih mudah dan praktis, apalagi jika kita harus beli oven terlebih dahulu untuk memanggang pizza. Bahkan dengan teflon, membuat pizza tidak hanya praktis tetapi juga lebih cepat. Jadi, pizza teflon bisa menjadi alternatif untuk bekal anak ke sekolah bukan?

Memang sih untuk yang baru pertama kali mencoba, kadang hasilnya bisa tidak sesuai seperti yang diharapkan. Bahkan untuk membuat resep pizza teflon itu sendiri juga bisa sahabat temukan dengan mudah di dunia maya. Langsung saja ya sahabat kita langsung eksekusi di dapur resepnya.

Bahan-bahan Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy.

Nah, untuk membuat pizza teflon ini kita perlu menyiapkan 2 bahan, yaitu bahan roti dan bahan isi.

Siapkan terlebih dahulu Bahan roti Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy:

  • 250 gram terigu protein sedang
  • 4 gram ragi instan
  • 1 butir telur
  • 3 sendok makan mentega
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 200 ml susu cair hangat

Bahan Isi Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy :

  • 2 buah bawang bombay, iris sesuai selera
  • 2 buah sosis besar, iris
  • 3 buah otak ikan (bisa juga bakso ikan), iris
  • 1 buah jagung manis
  • 2 buah siung bawang putih
  • Daun bawang secukupnya, iris
  • 1 butir telur
  • Keju sesuai selera, bisa ditambah bahan lain
  • Saus tomat dan cabai

Cara membuat Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy :

  1. Siapkan 100ml air hangat kemudian masukkan garam dan fermipan. Aduk sampai rata.
  2. Siapkan tepung terigu dan tambahkan campuran adonan di atas. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan mentega ke dalam adonan, aduk rata lalu tambahkan minyak aduk lagi
  4. Masukkan telur, aduk rata.
  5. Tambahkan susu, aduk sampai benar-benar kalis. Kalau masih agak keras tambahkan mentega atau susu.
  6. Diamkan adonan selama 15 menit, dalam posisi tertutup serbet.
  7. Sambil menunggu adonan berfermentasi, tumis bawang putih dan garam, lalu masukkan bawang bombay, sosis, otak-otak, telur, jagung manis, aduk sampai matang. Terakhir tambahkan daun bawang. Sisihkan.
  8. Kalau sudah 15 menit, ambil adonan roti, uleni sekali lagi, masukkan kedalam teflon ( saya pakai yang ukuran 24 ), ratakan, tusuk dengan garpu.
  9. Beri saus tomat sampai rata, masukkan bahan isi, beri saus tomat lagi, lalu masukkan keju parut.
  10. Panaskan teflon yang sudah berisi adonan pizza dan toping di atasnya.
  11. Tutup teflon dengan menggunakan tutup yang rapat, masak dengan api kecil, kurang lebih 15 menit. (Sesekali dicek kematangannya agar tidak gosong). Angkat dan hidangkan.

Bagaimana sahabat, praktis dan cepat bukan? Rasa pizza teflon bikinan sendiri tentu tidak kalah dari pizza yang dijual di luaran. Resep sambutpagi di atas, sudah dicoba kok. Jadi hasilnya tentu tidak akan mengecewakan sahabat setia sambutpagi tercinta. Apalagi dengan membuat sendiri pizza teflon di rumah tidak hanya lebih hemat dan praktis, tetapi juga lebih higienis dan bergizi. Bahkan sahabat bisa bereksperimen bersama buah hati ataupun orang-orang terkasih. Jadi rasanya tentu penuh dengan cinta dan lebih yummy. Siapapun yang mencoba pasti jadi kepengen lagi… lagi… dan lagi… Nantikan resep kuliner khas sambutpagi selanjutnya ya. Terimakasih.

 

About admin

Check Also

Sajian Lezat dan Hot Dengan Seblak Ceker Hohah

Sajian Lezat dan Hot Dengan Seblak Ceker Hohah – Semangat pagi sahabat sambutpagi! Sarapan apa …

Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy


Praktisnya Resep Pizza Teflon Sederhana dan Yummy