Home / Ibu dan Anak / Seberapa Banyak Kebutuhan Air Pada Tubuh Kita?

Seberapa Banyak Kebutuhan Air Pada Tubuh Kita?

Selamat pagi, sahabat sambutpagi… Pagi yang penuh semangat dan ceria untuk beraktifitas bukan?

Pada kesempatan kali ini sambutpagi.com akan menghadirkan informasi penuh manfaat ala sambutpagi. Masih mengenai air. Setelah sebelumnya sambutpagi mengulas 10 Keajaiban Minum Air Hangat, dan 2 Organ Tubuh Yang Paling Banyak Membutuhkan Air. Maka sambutpagi akan menambahkan ulasan mengenai seberapa banyak kebutuhan air pada tubuh kita?

Kenapa air terus sih yang dibahas? (mungkin pertanyaan tersebut ada di benak anda sekarang)

Bagaimanapun air merupakan kebutuhan paling vital manusia. Bahkan kita tidak bisa lepas dari minum air setiap harinya, baik itu air panas ataupun air dingin, air teh, kopi, sirup dll. Baik itu yang air putih maupun yang termasuk di dalam makanan. Karena sudah jelas sekali bahwa air memiliki sejuta manfaat bagi tubuh kita. Tentu saja yang akan kita bahas kali ini adalah air putih yang yang manfaatnya tidak bisa digantikan dengan jenis air manapun.

Oke, jika kita memang memiliki kewajiban minum air putih setiap harinya, tapi seberapa banyak sih yang kita butuhkan setiap harinya?

Seberapa Banyak Kebutuhan Air Pada Tubuh Kita?

air-minum

Setiap harinya anda bernafas, mengeluarkan energi, buang air besar dan buang air kecil, dan ada atau tidak ada aktifitas fisik, tentu setiap harinya butuh air untuk mengoptimalkan kinerja organ vital tubuh kita. Nah, air yang kita butuhkan itu bisa kita dapatkan dari minuman, maupun makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Sehingga air yang kita konsumsi tersebut dapat membantu proses metabolisme, proses pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, mengeluarkan racun dan lainnya.  (baca juga: 10 Keajaiban Minum Air … )

Salah satu indikasi organ vital kita telah bekerja dengan baik dapat di tandai dengan warna urin yang dikeluarkan. (baca juga: Kenali Warna Urin Yang Tidak Sehat… )

Kebutuhan air dalam tubuh manusia, tentu berbeda-beda. Kebutuhan air orang dewasa sekitar 3 liter sehari atau setara dengan 13 gelas, sedangkan wanita dewasa sekitar 2.2 liter sehari atau setara dengan 9 gelas setiap harinya. Namun, jangan dijadikan hal tersebut sebagai patokan ya sahabat, karena memang kebutuhan masing-masing orang berbeda-beda. Nah, sahabat sambutpagi dapat mengira-ira kebutuhan air harian masing-masing individu tersebut berdasarkan:

1. Aktivitas Yang Dilakukan Dalam Setiap Harinya

Setiap orang memiliki rutinitas keseharian yang berbeda-beda setiap harinya. Misalnya saja orang yang bekerja di kantor dengan orang yang menjadi kuli bangunan. Tentu saja kebutuhan air bisa lebih banyak orang yang bekerja menjadi kuli bangunan, karena  melakukan pekerjaan berat dan di tempat yang terik setiap harinya. Sehingga ia lebih banyak butuh air sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang lewat keringat maupun buang air kecil.

2. Iklim dan Cuaca Dimana Orang Tersebut Tinggal

Dimanapun itu iklim dan cuaca memberikan pengaruh yang besar pada kebutuhan air di dalam tubuh masing-masing orang. Bayangkan saja orang yang tinggal di iklim tropis seperti di Indonesia dengan orang yang tinggal di iklim dingin seperti Eropa. Sehingga orang yang tinggal di iklim tropis akan lebih cepat merasa gerah dan haus dibanding dengan yang berada di Eropa.

3. Kondisi Tubuh Setiap Orang Juga Berbeda

Sahabat sambutpagi, selain beberapa faktor di atas, ternyata kondisi tubuh setiap orang juga dapat mempengaruhi kebutuhan air. Apabila seseorang sedang sakit, maka dia butuh lebih banyak mengkonsumsi air putih untuk mengganti cairang yang keluar. Dibandingkan dengan seseorang yang sehat, orang yang sakit butuh air lebih banyak daripada orang yang sehat.

4. Faktor Usia, Faktor Makanan, dan Faktor Lainnya

Faktor lain disini misalnya terjadi pada ibu hamil dan menyusui. Dimana ibu hamil akan lebih mudah merasa lelah dan banyak berkeringat, sehingga banyak cairan yang keluar dari tubuh. Begitupun ibu menyusui yang harus mengeluarkan asi sewaktu-waktu dibutuhkan. Jadi asupan cairan dengan minum air putih sangat membantu mengembalikan cairan yang hilang dari tubuh, karena kondisi tersebut. Disamping itu kebutuhan air dalam tubuh juga bisa disebabkan karena faktor usia, faktor makanan, dan faktor lainnya yang membutuhkan asupan air lebih banyak atau lebih sedikit.

Sahabat sambutpagi, untuk menambahkan asupan air dalam tubuh, sahabat juga bisa menambahkan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air. Diantaranya adalah adalah apel, jeruk, wortel, tomat, pir, dll. Kandungan nutrisi dan vitamin pada buah juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki sel yang rusak.

Nah, sahabat sambutpagi. Selain memahami seberapa banyak kebutuhan air dalam tubuh, sahabat juga harus mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi air putih agar sehat dan aman. Mau tahu? Berikut ini tipsnya.

Begini Cara Minum Air Putih Yang Aman dan Benar

  • Sahabat harus minum air putih secara rutin ya, minimal 2 liter sehari
  • Jangan langsung menenggak air putih sekaligus! Atur jarak minumnya. Minumlah sedikit demi sedikit, namun sesuai dengan kebutuhan kamu ya sahabat.
  • Jangan menunggu untuk minum saat anda baru merasa haus ya! Minumlah air putih, pagi hari dan sebelum tidur juga setelah makan.

Sahabat sambutpagi, bagaimana semakin banyak tahu bukan? Semoga Informasi mengenai “Seberapa Banyak Kebutuhan Air Pada Tubuh Kita?” bermanfaat untuk sahabat tercinta.

About admin

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Tipe Kulit Anda Dan Perawatannya

Semangat pagi, sahabat sambutpagi! Sambutlah pagi ini dengan penuh semangat dan kebahagiaan. Sahabat sambutpagi, kali …

Seberapa Banyak Kebutuhan Air Pada Tubuh Kita?


Seberapa Banyak Kebutuhan Air Pada Tubuh Kita?